Monday, January 29, 2007

Sariawan

Kebetulan banyak yang tanya tentang sariawan, memang penyakit sepele tapi nyebelin ya... bikin ngiler melulu dan ga bisa makan enak... apalagi yang udah langganan tiap bulan dapet (wah kalau dapet gajian ga ada yang protes ya...). Ok deh.. berhubung aku udah di promosikan sama sejawat Dr. Dani Iswara, jadi aja aku musti sering2 update blog ini, plus pake bahasa gaul (hehehe... udah bisa neeh..udah di update Dokter Dani...).

Begini... penyebab sariawan ini bisa faktor general yang ini bisa karena hormonal maupun penyakit sitemik atau bahkan stres, penyebab lainya adalah faktor lokal, bisa karena overhang tambalan atau karies, protesa (gigi tiruan), kegigit atau segaja di gigit...pokoknya segala macam yg menimbulkan trauma pada gusi atau mukosa mulut. So pengobatannya sebaiknya juga berdasarkan faktor penyebabnya. Sebaiknya jangan di obati sembarangan karena kita tidak tahu apakah obat tersebut bersifat karsinogenik, atau merangsang kanker.

Ada yang tanya apakah yoghurt bisa mengobati sariawan? Yoghurt mengandung lactobacillus, pada kondisi flora dan fauan mulut yang tidak seimbang, bakteri tersebut dapat membantu keseimbangan kebun binatang mulut. Tapi sariawan yang lebih dari dua minggu harus di waspadai... segera hubungi dokter supaya bisa di check and recek lebih lanjut.

7 comments:

Anonymous said...

map gak blg2 sblmnya..:D

cara penulisan taut (dikasi kurung buka-tutup jg cukup kok Bu) itu misalnya begini bu (sependek yg saya tau ya..)

cara manual/universal (mode code/html)
<a href="http://daniiswara.wordpress.com/" title="blognya Dani Iswara">blog dani</a> (bisa jg digunakan saat ngisi komentar; asal jml taut jgn banyak2, ntar dikira 'spam' spt di WP.com)

atau
pake editor-nya blogger pas posting:
select kata/kalimat yg dimaksud, trus klik ikon link (biasanya gambar rantai & bumi; lama gak pake blogger..), trus diisi dah alamat tautnya (http-nya)

semoga membantu - selamat mencoba,
atau mirip spt keterangan mengisi komentar di tulisan saya Tentang Blog :D

Anonymous said...

Tempat saya banyak kasus sariawan, sampai ngiler-ngiler.
Di Amrik apa ada tho ?

Anonymous said...

di film-film laga itu jarang ada yang sariawan ya? Padahal dijotosi terus sampai bibirnya berdarah. Update terus ya, bu

Anonymous said...

baru baca artikelnya aja udah berasa sariawan..... :( Salam kenal bu dokter...

Anonymous said...

Tulisan2 ibu seputar kesehatan gigi sangat menarik sekali.
Saya sedang membuat artikel tentang dokter gigi... bolehkah saya minta profil ibu dokter, untuk saya cantumkan pada artikel/buku saya?

Yuyun
0815 925 0097
mbakyuyun@yahoo.com

RMunadji said...

aku juga sering nih sariwawan...

Anonymous said...

Buat semuanya, aduh maaf ya, aku ga pernah buka blog ini, blog ku pindah ke http://senyumsehat.wordpress.com/ jadi main kesana yaaa...