Sunday, September 24, 2006

ATRISI GIGI PADA MANULA

Gigi merupakan jaringan yang paling keras pada tubuh manusia, namun jaringan ini dapat rusak karena proses keausan, pada Manula proses keausan gigi ini disebabkan oleh proses fisiologis karena pengunyahan dan didukung oleh kebiasaan buruk lainnya seperti mengunyah sirih, kontak prematur dan makanan yang bersifat abrasif.

Oleh Gelbier dan Copley (1977) serta Cawson(1978), atrisi gigi didefinisikan sebagai keausan permukaan oklusal gigi secara bertahap yang berhubungan dengan gerakan-gerakan pengunyahan.

Secara umum atrisi gigi adalah suatu istilah yang dipakai untuk menyatakan hilangnya suatu substansi gigi secara bertahap pada permukaan oklusal dan proksimal gigi karena proses mekanis yang terjadi secara fisiologis akibat pengunyahan. Atrisi gigi ini dapat terjadi pada insisal, oklusal dan proksimal dari gigi.

Keausan gigi menimbulkan masalah bagi pasien, karena pasien merasa linu pada gigi-gigi tanpa mengetahui penyebabnya. Keadaan ini bisa di atasi dengan pembuatan mahkota atau penambalan, tergantung sejauh mana tingkat keausan tersebut

0 comments: