Wednesday, December 27, 2006

TEMPORO MANDIBULAR JOINT DISORDER



Merupakan suatu kelain pada sendi temporomandibular (sendi yang berfungsi menggerakan rahang bawah) yang di akibatkan oleh hiperfungi, malfungsi dari musculoskeletal (otot2 pada tulang tengkorak) ataupun proses degeneratif pada sendi itu sendiri.

Gejala kelainan ini ini bervariasi tergantung dari derajat keparahan, dari yang paling ringan terdengar suara “click” pada saat membuka mulut, pusing berkepanjangan yang tidak jelas penyebabnya, rasa sakit dan pembukaan mulut yang terbatas sampai dengan tidak bisa membuka mulut sama sekali, bila di paksa sakit sekali.

Perawatannya juga bervariasi bergantung dari hasil pemeriksaan klinis dan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan radiology (baik foto X-Ray TMJ maupun MMR).

Perawatan secara umum dengan memberikan kompres dingin (ice pack) selama 10 menit pada sisi wajah kemudian dilakukan stretching dan exercise terhadap rahang selanjutnya diikuti kompres hangat dengan handuk basah selama 5 menit. Dilakukan berulang2 dalam sehari.

Pemberian Makanan lunak, mencegah pembukaan rahang yang terlalu lebar dan pemakaian splint atau night guard untuk memperbaiki gigitan (hubungan rahang atas dan rahang bawah) pada tempat seharusnya, juga mencegah grinding gigi atas dan gigi bawah yang akan memperparah keadaan. Pada keaadaan yang sangat parah bila perlu di lakukan tindakan operasi bahkan pada kasus osteoartithis bisa di lakukan implantasi kepala sendi menggunakan sendi artificial yang terbuat dari bahan titanium yang bersifat biocompatible.


2 comments:

Anonymous said...

saya merasakan gejala seperti yang ibu sampaikan, mohon nasihat bu...kira2 kalo masuk kategori parah itu seperti apa ya ?
Pada awalnya dulu saya mengalami masalah pada pertumbuhan gigi bungsu, dan pada saat itu pula untuk pertama kalinya saya merasakan ada masalah pada rahang saya (susah membuka maksimal), tapi dokter gigi bilang itu hanya karena pengaruh pertumbuhan gigi bungsu saja. lalu setelah si gigi dicabut, memang masalah tersebut agak berkurang. Itu sekitar 3 bulan lalu. Tapi belakangan ini rasa sakit itu kembali terasa, dan memang agak diiringi dengan rasa pusing di kepala.
Menurut ibu, langkah apa yg harus saya lakukan ? Mohon nasihat.
Terima kasih sekali jika ibu berkenan membalas ke email saya di tosa_wd04@yahoo.com
Terima kasih untuk perhatiannya

Anonymous said...

Buat ini
kasihan sekali, ada kemungkinan ini menderita kelainan TMJ, sebaiknya ini hubungi dokter bedah mulut terdekat di kotamu, karena harus di lakukan pemeriksaan penunjang seperti rongthen foto, MRI dsb, kabarin lagi klo sudah ada hasilnya yaa..
maaf neeh jarang mampir ke sini, punya rumah di blog ku yang lain http://senyumsehat.wordpress.com/