Monday, March 20, 2006

Tanda2 awal Kanker mulut :
1. Adanya luka atau sakit pada wajah, leher, serta ulcus atau sariawan dalam mulut yg tidak hilang dalam waktu 2 minggu.
2. Pembengkakan, perbesaran maupun benjolan pada gusi, bibir dan bagian lain di dalam mulut
3. Bercak putih, merah atau gelap di dalam mulut
4. Perdarahan yg berulang dari gusi atau luka dalam mulut
5. Rasa kebal di sekitar wajah dan mulut dan leher.
6. Gigi-gigi yang goyang tanpa penyebab yang jelas.

Pemeriksaan Oral Cancer mandiri, ikuti 7 petunjuk di bawah ini

1. Perhatikan wajah anda di depan kaca, pada keadaan normal sisi kiri dan kanan sama ukurannya, bisa terdapat perbesaran/pembengkakan yg terdapat hanya pada salah satu sisi wajah

2. Periksa kulit wajah, apakah ada perubahan warna

3. Lakukan penekanan di sepanjang leher apakah ada benjolan dan kekakuan?

4. Tarik bibir bawah dan lihat apakah ada perubahan warna dan rasa sakit, kemudian raba dan rasakan apakah ada benjolan yg tidak semestinya. Lakukan hal yg sama pada bibir atas

5. Buka mulut dan tarik pipi dengan salah satu jari di dalam mulut dan ibu jari di luar , kemudian lakukan pemeriksaan apakah ada perubahan warna, luka serta benjolan yg tidak semestinya.

6. Kepala di tarik kebelakang dan buka mulut lebar2, kemuadia lakukan perabaan pada dasar mulut apakah ada benjolan serta perubahan warna.

7. Fiksasi lidah dan perhatikan permukaan dan warnanya, apakah ada perubahan warna, perbesaran. Letakan ujung lidah di langit2 mulut lakukan pemeriksaan terhadap sisi kiri dan kana lidah serta dasar mulut di balik lidah

Jika di temukan keadaan yang tidak semestinya segera hubungi dokter gigi dan diskusikan hal tersebut dengan dokter anda. Biasanya keadaan yg tidak sembuh dalam dua minggu memerlukan perhatian khusus.

8 comments:

nur indahsari said...

bagus banget artikelnya. ini ngasih saya banyak pengetahuan buat lebih hati-hati sama sariawan. saya lumayan sering sih sariawan. dan jangka waktunya bisa sampai 1 bulan, apa itu juga pertandan saya bisa kena kanker mulut? tapi gejala yang lainnya tidak sih.

kalau boleh saya mau mengcopy blognya ya.

Anonymous said...

Aku juga ada sariawan,mungkin hampir 2 minggu gx sembuh"..aku takut banget kenapa"..huhu..itu bercak putihnya satu doang ato ada banyak yah?? Natasha.

Anonymous said...

bagus bgt artikelnya...
oiza mw tanya nieh...
di gigi q yang brlubang kq sring kluar darahnya y..
padahal gak knapa" tiba" bdarah...
skarang malah kya da daging tumbuh diantara bkas lubang tu...
kra" knapa y??
jdi takut nih....
tlong jwabannya d krim ke email
lee_itce08@yahoo.com
makasih sbelumnya...

Eleanor said...

Gigi gerahamku ada yang berlubang lalu ditambal. Skrg tambalannya lepas. Awalnya nggak sakit, tapi kmdn sakit krna bgian gigi yg berlubang ada yg cuwil kena makanan, gusi jd benjol. terakhir Qlihat di bawah lidah dan dasar mulut ada bintil2nya tapi bukan luka& gak sakit, tapi agak banyak dibandngkan biasa. Aq juga lg kena flu jd batuk, ada hubungannya gak? Atau jgan2 ini kanker mulut?

ice' said...

artikelnya bagus banget,,
aku juga sariawan tapi kok belum sembuh2 yaw??
takutnya kalau kena kanker mulut..
gimana ni nyembuhinnya??
aku takut bamget nech?!?!?
tolong kasih solusinya yaw???
aku mau mengcopy blog ini..
izinkan aku yaw???

Anonymous said...

Aq sering sariawan.. Dan wktu ny jg lama,bsa pe 2 minggu., gigi grham jg blkong,,aq pke gigi plz jg.gusi pun sering brdarah.ap aq kna kanker mulut?tlong in box jwbn ny k methymarukochan@yahoo.com

Anonymous said...

Aku sekarang lagi sariawan, lukanya juga lumayan besar. Itu kenapa ya? Bukan tanda2 kanker kan? Tolong infonya ke nisawl@yahoo.com
Terimakasih :)

Anonymous said...

aq baru 3 hari ini ngrasain kaya ada kebal gittu di bagian mulut (bibir bawah) yang sakit2 gmana gtu lagh..... ap itu termasuk tanda2????